Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Print Dokumen Microsoft Word Dengan Benar

cara print dokumen word
Dakatekno.com – Jika Anda ingin mencetak dokumen dengan Microsoft Word, namun bingung dan belum tahu caranya, jangan khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan cara print dokumen word dengan bahasa yang mudah dimengerti, bahkan bagi yang gaptek sekalipun.

Mencetak dokumen tidak boleh dilakukan secara asal-asalan karena bisa membuat format tulisan menjadi rusak.

Saat ini Microsoft Word sudah menggunakan versi terbaru 2016, meski begitu teknis mencetak dokumen tetap sama dengan versi versi sebelumnya.

Cara Print Dokumen Word Dengan Benar

Agar Anda tidak bingung, berikut adalah panduan dan cara mencetak dokumen via Microsoft Word.

Mencetak dokumen di Microsoft Word 2010 – 2016

Versi terbaru dari Ms Word menyediakan teknis cara print dokumen word yang lebih mudah. Anda bisa mengikuti panduan print berikut ini :

  • Buka dokumen yang ingin Anda cetak, edit dokumen sesuai dengan kebutuhan.

  • Pilih menu File, kemudian pilih opsi menu Print. Anda juga bisa menggunakan kombinasi keyboard Ctrl + P.

  • Pada bagian Copies, Anda bisa mengisi jumlah cetakan dokumen yang ingin dilakukan.

  • Misalnya, Anda ingin mencetak dokumen rangkap 3, dibagian Copies Anda bisa menambah angkanya menjadi tiga.

  • Anda juga bisa melakukan setting halaman dengan memilih opsi menu Setting. Tersedia pilihan mencetak semua halaman, mencetak halaman tertentu, atau mencetak halaman dengan range yang sudah ditentukan.

  • Di bawah pengaturan halaman terdapat pengaturan tulisan cetak yang ingin dilakukan. Pengaturan ini mengikuti format dokumen yang Anda buat sebelumnya.

  • Setelah siap, Anda bisa memilih opsi menu Print untuk mencetak dokumen.

Anda tinggal menunggu sampai proses cetak selesai dilakukan. Periksa hasil cetakan dokumen yang Anda print apakah sudah sesuai dengan kebutuhan.

Mencetak dokumen di Microsoft Word 2007

Banyak pengguna Ms Word yang memilih untuk tidak melakukan pembaruan aplikasi Office yang digunakan karena alasan nyaman. Jika Anda masih menggunakan Ms Word 2007, berikut ini cara print di komputer menggunakan Ms Word versi tersebut.

  • Buka Ms Word, pilih dokumen yang ingin Anda cetak.

  • Masuk ke halaman print, bisa dengan memilih Office Button dan memilih Print, bisa juga dengan kombinasi keyboard Ctrl + P.

  • Terdapat kotak menu pengaturan penyetakan, lakukan pengaturan format teks, halaman ataupun kertas di kotak tersebut.

  • Di bagian printer name, pilih nama printer yang sudah aktif dan siap digunakan untuk menyetak.

  • Di bagian page range, Anda bisa memilih semua halaman untuk dicetak. Pilihan format lainnya adalah mencetak halaman yang dipilih saja dan mencetak page tertentu.

  • Jika ingin menggandakan cetakan, Anda bisa menambah jumlah Copies di kolom yang tersedia.

  • Pada bagian Properties, Anda bisa mengedit format kertas yang digunakan.

  • Jika pengaturan sudah selesai, silahkan tekan menu OK untuk mencetak dokumen yang dibutuhkan.

Tips Mencetak Agar Print Tidak Cepat Rusak

Langkah langkah mencetak dokumen dari Word sudah selesai, Anda tinggal melihat hasil cetakan yang keluar dari mesin print. Jika Anda melakukan cetak dokumen dengan jumlah yang besar, maka Anda harus menerapkan tips berikut ini.

Tips yang akan dijelaskan merupakan tips agar printer tidak cepat rusak, meskipun digunakan untuk mencetak dokumen berkali kali. Tentunya Anda ingin printer yang lebih awet sehingga bisa digunakan dalam waktu lama :

  • Jangan Mencetak Berlebihan

Aturan pertama terkait dengan printer adalah tidak menggunakannya untuk mencetak secara berlebihan. Jika Anda memaksa printer bekerja keras dalam satu waktu, besar kemungkinan printer akan rusak.

Printer yang bekerja terlalu keras akan membuat printer head yang dimiliki menjadi rusak. untuk menghindari hal tersebut, Anda disarankan mencetak dokumen secara bertahap. Misalnya, Anda ingin mencetak 200 dokumen, lakukan perlahan dengan hitungan 25 dan kelipatannya.

  • Pilih Tinta yang Direkomendasikan

Urusan tinta printer memang cukup rumit, pastikan Anda tidak menggunakan tinta printer abal abal yang bisa membuat katrij menjadi rusak. Pencetakan dengan jenis tinta tertentu bisa membuat tampilan tulisan lebih baik.

Hal yang berbeda jika Anda menggunakan tinta yang tidak direkomendasikan oleh printer. Hasil yang didapatkan tentu tidak sesuai dengan kebutuhan. Usahakan untuk tidak mencampur tinta secara berlebihan agar hasil warnanya tetap terang.

  • Perawatan pada Cartridge

Berikutnya adalah merawat cartridge agar hasil printer tetap maksimal. Cara print dokumen hasil jelas tidak hanya berkaitan dengan printer saja, namun juga cartridge yang digunakan. Lakukan perawatan cartridge secara berkala guna menghindari adanya kerusakan selama penggunaan.

Cara melakukan perawatan cartridge tidak sulit, cukup dengan membuat empat lingkaran dengan warna yang berbeda. Warna tersebut adalah merah, hitam, hijau dan kuning. Setelahnya cetak lingkaran tersebut guna mengetahui apakah cartridge berjalan dengan baik.

Jika mengalami kesulitan dalam mencetak dokumen, jangan ragu untuk membaca buku manual, video tutorial atau bertanya langsung pada teman dan kolega yang lebih ahli.

Dengan cara tersebut, Anda bisa meminimalisir terjadi kesalahan saat mencetak dokumen.

Demikian tulisan mengenai cara print dokumen word diatas semoga bisa membantu Anda. Terima kasih anda telah membaca tulisan kami ini. Salam sukses dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Print Dokumen Microsoft Word Dengan Benar"