Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menggunakan Whats Bisnis Untuk Meningkatkan Usaha

Cara Menggunakan Whats Bisnis
Dakatekno.com, - Maraknya perkembangan bisnis online menjadi pendorong berbagai aplikasi untuk menghadirkan inovasi dan fitur menarik yang dapat membantu pemilik usaha agar dapat terhubung langsung dengan kostumer. 

Baca Juga : Cara Menambahkan Anggota Grup Wa Tanpa Menyimpan Nomor Hp

Whatsapp mengambil peluang ini dan menghadirkan aplikasi khusus yang dikenal dengan whatsapp bisnis. Yuk kenal dan pahami pengertian dan cara menggunakan whats bisnis dibawah ini. 

Cara Menggunakan Whats Bisnis

Apa Itu WhatsApp Bisnis

Whatsapp bisnis adalah aplikasi chat alternatif bagi pelaku usaha untuk berkomunikasi dengan calon pembeli yang dapat digunakan secara gratis tanpa biaya berlangganan. 

Dengan menggunakan whatsapp bisnis, pembeli dapat berkonsultasi dan mencari informasi kepada penjual dengan mudah dan aman. Dikeluarkan pada tahun 2018, aplikasi ini makin digemari dan telah diunduh kurang lebih sebanyak 17 juta unduhan pada bulan Januari 2021.

Fitur yang digunakan dapat membantu pengguna untuk membalas pesan, menyortir pesan hingga menjawab pesan secara otomatis maupun manual dengan cepat dan dapat diakses di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Meksiko, Inggris dan beberapa negara lain.

Membuat dan Daftar Whatsapp Bisnis

Sebelum mengenal lebih lanjut,  sebaiknya ketahui dulu cara membuat whats bisnis dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Unduh whatsapp bisnis melalui aplikasi yang terdapat dalam perangkat handphone.

  2. Setelah proses pengunduhan selesai, daftarkan nomor telepon. Sebaiknya anda menggunakan nomor yang diperuntukan untuk usaha anda.

  3. Melengkapi profil usaha anda dengan cara klik menu Setting, kemudian Business Setting dan pilih menu Profile. Pastikan semua informasi yang dimasukan adalah benar, akurat serta sesuai dengan usaha mulai dari nama, alamat, kategori hingga detail kontak.

  4. Mengatur fitur chat otomatis. Fitur ini dapat mempermudah penjual dalam berkomunikasi dan membalas pesan meskipun diluar jam kerja. Klik menu Setting, kemudian pilih Business Setting, dan klik opsi Away Message/Quick Replies. Setelah itu masukan teks yang ingin digunakan.

Keunggulan serta Cara Menggunakan

Berbeda dengan WA Messenger, whatsapp bisnis memiliki beberapa kelebihan menarik dan bertujuan untuk memaksimalkan proses transaksi anda dengan calon kostumer. Berikut ini beberapa fitur menarik yang ditawarkan serta cara menggunakan whats bisnis.

  1. Profil Usaha. Fitur ini memudahkan pembeli untuk memperoleh informasi juga deskripsi produk, alamat email dan situs web toko online yang terpercaya, kategori usaha yang dijalankan hingga informasi penting lainnya. Bagi pelaku usaha, anda dapat melakukan setting profil dengan mengikuti cara berikut ini.

    • Buka WA bisnis lalu pilih Opsi Lainnya, dan klik opsi Edit. Ubah semua informasi yang diperlukan kemudian pilih menu Simpan. Sangat mudah bukan?

  2. Pesan Otomatis. Terdapat tiga jenis fitur pesan otomatis yang dapat dinikmati pengguna secara gratis. Away Message diperuntukan bagi pesan yang masuk di luar jam kerja atau pada saat toko online sedang tutup. Dengan adanya away message maka pembeli tidak perlu menunggu lama balasan dari penjual. Teks otomatis dapat disesuaikan dengan kemauan pengguna.

    • Greeting Message adalah pesan sambutan bagi calon kostumer baru, sama halnya dengan away message anda bisa mengatur teks sesuai dengan preferensi yang diinginkan. Pesan otomatis terakhir adalah Quick replies, fitur ini dapat digunakan untuk membalas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan calon pelanggan. 

    • Untuk dapat menggunakan fitur ini anda tinggal mengetik tanda “/”  pada layar chat dan pesan akan langsung terkirim.

  3. Katalog. Fitur whatsapp bisnis ini sangat membantu pengguna untuk menampilkan produk jualan dalam profil WA. Tujuannya adalah sebagai etalase produk bagi pembeli. Selain melihat foto barang jualan, katalog juga memuat informasi dan deskripsi produk beserta harga jualnya.

    • Cara menggunakannya juga sangat mudah buka menu Pengaturan kemudian pilih Pengaturan Bisnis dan klik opsi katalog. Anda tinggal menambahkan foto dan keterangan yang diperlukan. Selain itu, terdapat pilihan tambahan link toko online jika ada. Jumlah maksimal foto yang dapat dipajang pada katalog adalah sebanyak 500 foto.

  4. Statistik Pesan Masuk. Trafik adalah aspek penting dalam mengelola usaha online, dengan statistic pesan anda dapat mengetahui berapa jumlah pesan yang masuk. Untuk mengaktifkan pilih tombol Menu, kemudian Setting, Pengaturan, dan pilih menu Statistik.

  5. Kategori Usaha. Pada profil, anda juga bisa menambahkan kategori usaha untuk membantu pembeli menentukan apakah barang yang dicari terdapat pada toko online anda. Aplikasi ini sudah menyediakan beberapa kategori bisnis melalui dropdown list, namun jika pilihan tersebut tidak memuat kategori yang anda inginkan silahkan pilih menu “Lainnya”.

  6. Labelling. Fitur ini sangat membantu pengguna agar dapat membedakan percakapan yang sudah melakukan transaksi atau belum. Selain itu, penjual juga bisa menghubungi pembeli yang belum melakukan transaksi dengan mudah dan efisien.

    • Ketuk dan tahan lama percakapan kemudian pilih menu Label, sesuaikan dengan label yang diinginkan.

Setelah mengetahui pengertian, kelebihan, fitur serta cara menggunakan whats bisnis, anda bisa memulai seluruh proses jual beli online dengan mudah dan gratis tanpa biaya hanya dengan mengunduh aplikasi ini.


Post a Comment for "Cara Menggunakan Whats Bisnis Untuk Meningkatkan Usaha"