Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Laptop/Komputer

cara mengembalikan data yang terhapus di laptop

Dakatekno.com
, – Apakah ada cara mengembalikan data yang terhapus di laptop? Bila Anda sudah menghapus file dan mengosongkan Recycle Bin, Anda sekarang masih bisa mengembalikan data tersebut. Kunci-nya, Anda harus menggunakan Windows 10 dan memiliki fitur Windows File Recovery.

Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Laptop

Apa Itu Windows File Recovery?

Windows File Recovery adalah fitur build in Windows untuk mencari file yang terhapus. Anda bisa gunakan program ini selama sudah update Windows 10. Penggunaan fitur ini memang kompleks karena perlu code syntax di CMD. Tapi karena tidak perlu menggunakan download program tidak jelas, Anda lebih aman recover file pakai alat ini.

File Recovery Mode yang Harus Anda Tahu

Sebelum menggunakan Windows File Recovery, Anda harus tahu program ini ada dua type penggunaan. Berikut adalah mode yang tersedia pada program ini:

  • Regular Mode. Mode yang paling mudah digunakan karena prosesnya cepat. Selama file baru saja dihapus dan ukurannya dibawah 4GB, Anda bisa recovery dengan mode ini.
  • Extensive Mode. Mode yang lebih advance dari regular. Prosesnya makan waktu lebih lama tapi lebih jitu mencari file yang hilang sejak lama.

Pastikan pilihan Anda disesuaikan dengan mode yang akan digunakan.

Cara Menggunakan Windows File Recovery

Sekarang waktunya bahas cara mengembalikan data yang terhapus di laptop menggunakan layanan Windows ini. Berikut adalah bahasannya:

Jalankan Windows File Recovery

Hal pertama yang harus Anda lakukan download program pengembalian data terhapus di laptop ini. Windows File Recovery bisa Anda temukan pada Windows Store. Selama update komputer Anda menggunakan Windows 10 Versi 2004 ke atas, program ini langsung bisa di download. Jika belum, pastikan download update terakhir Windows terlebih dahulu.

Setelah sudah dicek, sekarang waktunya download dan instal programnya, Anda akan temukan program ada Windows Store saat di search. Klik Get saat tampilan menu di toko muncul. Jika berhasil instalasi, Windows File Recovery akan muncul di Start Menu Anda. Klik untuk menggunakan dan memanggil menu CMD recovery-nya.

Lakukan Pencarian

Setelah siap menu CMD muncul, sekarang waktunya menggunakan tool ini. Untuk permulaan, Anda harus perintahkan Windows untuk menemukan file yang terhapus tersebut. Masukan syntax perintah untuk memberi arahan di CMD soal ini.

Secara sederhana, syntax memiliki format seperti:
Winfr [Drive lokasi file lama]:[Drive tujuan recovery]:/regular/n\users\[username]\Documents\[nama file]

Untuk penggunaan syntax di atas, mari buat contoh! Anda, dengan username Mark, ingin cari file hilang yang berupa dokumen Word dengan nama artikelsaya. File ini dihapus saat berada di drive C dan akan dipindahkan ke drive recovery F. Pemindahan ke drive lain ini penting karena Windows File Recovery harus menggunakan drive lain selain tempat penyimpanan awal.

Untuk mencari file tersebut, Anda hanya perlu ketik:
Winfr C:F:/regular/n\Mark\Documents\artikelsaya.docx
Setelah memasukan CMD syntax ini, cukup enter. Pertanyaan akan muncul untuk konfirmasi proses. Ketik Y untuk melanjutkan proses pencarian ini.

Penyelesaian Recovery

Setelah file ditemukan oleh Windows, pertanyaan akan muncul. Pertanyaan ini membutuhkan konfirmasi dengan Y untuk memastikan Anda setuju. Jika menekan Y, file akan dikirim langsung ke drive tujuan dan dimasukan dalam folder bernama Recovery_Folder.

Perlu diingat bahwa file hanya bisa dikirim ke drive tujuan yang berbeda hardware-nya dengan laptop Anda. Jadi jika laptop hanya memiliki satu hardisk, gunakan USB drive sebagai tampungan sementara. Nanti file recovery data terhapus di laptop akan muncul di dalam USB tersebut.
Penggunaan Extensive Mode

Baca Juga : Cara Reset Laptop Asus

Mode ini lebih ditujukan untuk Anda yang masih gagal mencari dengan cara mode biasa. Untuk menggunakan cara ini, Anda cukup mengganti penggunaan /regular dengan /extensive. Hal lainnya diketik sama seperti regular mode, jadi Anda bisa ikuti arahan yang sudah dijelaskan di atas.

Sebagai contoh, Anda bisa ketik:Winfr C:F:/extensive /n user\Mark\Document\artikelsaya.docx
Ini artinya, Anda recovery dari file hilang disimpan ke drive F dan file yang hilang adalah artikelsaya.docx. Biasanya menggunakan extensive mode, file Anda pasti bisa kembali.

Silahkan Coba Sendiri Windows File Recovery!

Sekarang Anda sudah tahu cara mengembalikan data yang terhapus di laptop. Memang cara ini tidak simple dan perlu command di CMD, tapi Anda layanannya terpercaya karena datang dari Windows sendiri. Mudah – mudahan bahasan ini berguna dan bantu Anda mengembalikan file yang hilang.

Terima Kasih dan Selamat Mencoba

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Data yang Terhapus di Laptop/Komputer"