Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka Protected View (Enable Editing) Di Microsoft Office

Cara Membuka Protected View (Enable Editing)
Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang cara membuka protected view di microsoft office secara lebih lengkap. Meliputi Apa itu protected view? Bagaimana protected view bekerja? Apa fungsi protected view? Dalam penjelasan yang ringan, mudah dipahami dan bersumber dari sumber-sumber terpercaya.

Dalam dunia komputer maupun dunia internet pasti anda mengenal dengan yang namanya Virus. Virus komputer adalah sebuah program komputer yang dapat mengandakan diri sendiri dan bisa menyebar ke dokumen atau komputer lain.

Virus komputer ini dapat merusak komputer dan mengangu komputer milik orang lain. bahkan data rahasia kita bisa dicuri orang dengan adanya virus di komputer kita.

Baca Juga : Cara Mencetak Pas Foto 4 x 6 Di Word, Gampang Sekali!

Itu sebabnya virus komputer sangat dihindari oleh banyak orang khususnya pengguna komputer. Para programer pasti megetahui bahaya virus ini jika sudah menyerang.

Menurut liputan6.com virus di komputer bisa sampai 12 jenis virus yang berbahaya dan patut untuk diwaspadi. virusnya antara lain worm, trojan, backdoor, spayware, rogue, rootkit, webscripting virus, multipartite virus, memory resident virus, FAT virus, directory virus, camponion virus.

Oleh sebab itu perusahaan sakaliber microsoft membuat proteksi kepada produk microsoft office berupa protected view agar pengguna terhindar dari virus yang berbahaya.

Dikutip dari laman microsoft. Protected view adalah

“Files from the Internet and from other potentially unsafe locations can contain viruses, worms, or other kinds of malware that can harm your computer. To help protect your computer, files from these potentially unsafe locations are opened as read only or in Protected View. By using Protected View, you can read a file, see its contents and enable editing while reducing the risks.”

“File dari Internet dan dari lokasi lain yang berpotensi tidak aman dapat berisi virus, worm, atau jenis malware lain yang dapat membahayakan komputer Anda. Untuk membantu melindungi komputer Anda, file dari lokasi yang berpotensi tidak aman ini dibuka sebagai hanya baca atau dalam Tampilan Terproteksi. Dengan menggunakan Tampilan Terproteksi, Anda dapat membaca file, melihat kontennya, dan mengaktifkan pengeditan sekaligus mengurangi risiko.”

Notifikasi protected view ini dapat aktif secara otomatis pada kondisi-kondisi seperti ini :

  • Data yang kita ambil berasal dari internet

  • Data yang berasal dari kiriman email dari teman atau orang lain

  • Saat kita membuka dokumen pada lokasi yang tidak aman atau banyak virusnya.

  • Saat kita membuka file dari attachment outlook

Fungsi dari notifikasi protected view ini adalah untuk membatasi atau melindungi file  yang dianggap berbahaya dan mencurigakan. Dengan begitu file akan dalam mode Read only yang artinya file hanya dapat dibuka saja tapi bisa diedit.

Protected view ini merupakan fitur keamanan yang tergolong baru. Kita dapat menjumpainya pada aplikasi Ms Word 2010, Ms Excel 2010, Ms Power Point 2010 dan ke versi diatasnya.

Notifikasi yang muncul seperti :

“Be careful – files from the Internet can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in Protected View.”

Hati-hati – file dari Internet dapat berisi virus. Jika Anda tidak perlu mengedit, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.

“Be careful – email attachments can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in Protected View.”

Hati-hati – lampiran email bisa berisi virus. Jika Anda tidak perlu mengedit, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.

“This file was opened from a potentially unsafe location. Click for more details.”

File ini dibuka dari lokasi yang berpotensi tidak aman. Klik untuk lebih jelasnya.

“Office has detected a problem with this file. Editing it may harm your computer. Click for more details.”

Office telah mendeteksi masalah dengan file ini. Mengeditnya dapat membahayakan komputer Anda. Klik untuk lebih jelasnya.

“This file was opened in Protected View. Click for more details.”

File ini dibuka dalam Tampilan Terproteksi. Klik untuk lebih jelasnya.

“Be careful – This file is from someone else’s OneDrive. Unless you trust this person and want to continue collaborating with them, it is safer to stay in Protected View.”

Hati-hati – File ini dari OneDrive orang lain. Jika Anda tidak memercayai orang ini dan ingin terus berkolaborasi dengannya, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.

Cara Membuka Dan Menghilangkan Protected View Di Microsoft Office

Untuk cara membuka protected view di microsoft office ini terdapat 2 (dua) panduan yang anda bisa gunakan. Kami akan jelaskan langkah-langkahnya beserta gambar ilustrasi agar mudah dipahami dan dipraktikkan. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Cara Pertama : Membuka kunci dokumen langsung dari menu Unlock File Microsoft Office (word, excel, power point). Untuk membuka dokumen Microsoft Office (word, excel, power point) Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut:
    1. Pilih dokumen Microsoft Office

    2. Klik Kanan pada dokumen Microsoft Office (word, excel, power point) yang ingin dihilangkan protected viewnya >> Klik menu Properties pada bagian bawah.
      Cara Membuka Protected View
    3. Pada menu Properties >> Klik bagian Unlock yang ada di bagian pojok kanan bawah bertuliskan “This file came another computer and might be blocked to help protect this computer”. Setelah itu, >> klik Apply >> Lalu OK, maka fitur unlock tersebut akan  hilang.
      Cara Membuka Protected View
    4. Selesai. Notifikasi protected view sudah hilang anda sudah bisa membuka dan mengedit dokumen microsoft office di komputer anda tanpa ada notifikasi protected view lagi.

  • Cara Kedua : Menghilangkan Notifikasi Protected View Melalui Trust Center. Pada menu trust center juga bisa menghilangkan notifikasi protected view. Berikut ini kami jelaskan langkah-langkahnya sebagai berikut :
    1. Pertama, silahkan buka program Microsoft Office (word, excel, power point) yang ingin Anda hilangkan protected viewnya.

    2. Pilih menu File >> Option pada aplikasi Microsoft Office (word, excel, power point) yang telah Anda buka.
      Cara Membuka Protected View
    3. Selanjutnya akan muncul jendela Word Options >> Pilih Trust Center >> Lalu pilih Trust Center Setting di pojok kanan bawah
      Cara Membuka Protected View

    4. Pada menu Trust Center >> Pilih Protected View >> Tugas Anda adalah menghilangkan centang pada settings yang bertuliskan enable di menu protected view
      • Enable Protected View for files located in potentially unsafe locations.
      • Enable Protected View for Outlook attachments.
      • Enable Protected View for files originating from the Internet.
        Cara Membuka Protected View
    5. Klik OK

    6. Selesai. Setelah anda menjalankan settingan ini, setiap dokumen Microsoft Office (word, excel, power point) yang anda download dan buka dari media internet tidak akan muncul notifikasi protected view lagi sehingga anda tidak akan merasa tergangu.

Note : Cara Pertama Membuka kunci dokumen langsung dari menu Unlock File Microsoft Office (word, excel, power point) ini hanya berlaku untuk satu dokumen saja sehingga jika anda mendownload data dari internet atau media lain yang beresiko ada virusnya maka notifikasi protected view ini akan muncul kembali. Untuk menghilangkannya secara permanen pada semua data yang baru saja di download agar tidak muncul lagi notifikasi protected view. Anda bisa mengaturnya melalui Cara Kedua Menghilangkan Notifikasi Protected View Melalui Trust Center dengan cara ini notifikasi akan hilang secara permanen pada semua file Microsoft Office yang baru saja di download.

Saran Dan Masukan Dari Kami Agar Terhindar Dari Virus

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam agar terhindar dari virus. Antara lain sebagai berikut :

  1. Hindarilah sebisa mungkin untuk mengirim file melalui email atau media internet lainnya.

  2. Pastikan file yang kita download terhindar dari virus yang berbahaya sebelum membukanya.

  3. Jangan buka file dokumen pada komputer yang memiliki banyak virus didalamnya.

  4. Komunikasikan kepada seorang ahli komputer agar komputer terhindar dari virus dan tanya apa yang harus di lakukan saat komputer terkena virus.

Demikian lah penjelasan dari kami tentang cara membuka protected view di microsoft office ini semoga informasi yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Jika anda menemukan kesalahan pada penjelasan dan penulisan artikel tutorial ini kami tunggu kritik dan sarannya.

Sebarkan informasi yang bermanfaat ini kepada teman-teman anda.

Terima kasih dan selamat mencoba

 

 

Post a Comment for "Cara Membuka Protected View (Enable Editing) Di Microsoft Office"