Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Umur Di Excel Dengan Tepat

Cara menghitung umur di excel
Cara menghitung umur di excel, – Dalam program excel tersedia cara menghitung umur menggunakan rumus jadi umur (usia) seseorang akan muncul di sheet yang diinginkan sesuai dengan tanggal dan tahun terupdate hari ini.

Dalam dunia kerja termasuk bagian administrasi pasti menemukan tugas semacam ini menggumpulkan semua data bagian karyawan menjadi satu sebagai bahan acuan dan data base perusahaan termasuk jenis kelamin, gaji, usia dan lainnya

Tak banyak yang mengetahui membuat rumus umur di excel itu sangat mudah mungkin sebagian dari kalian sudah tahu dan pernah membuatnya tapi terkadang lupa sebab jarang mempraktikkannya.

Artikel ini bisa menjadi rujukan kalian yang membutuhkan rumus membuat umur (usia) di microsoft excel. Pelajari dan simpan artikel ini saat membutuhkan agar tidak bingung lagi dalam menampilkan umur di lembar kerja excel.

Kali ini kita akan membahas cara membuat dan menampilkan umur (usia) di lembar kerja microsoft excel secara cepat dan mudah. Kami sajikan langkah demi langkah disertai gambar secara detail. Simak detailnya berikut ini :

Cara Menghitung Umur Di Microsoft Excel

Akan kami sajikan seringkas mungkin pembahasan tentang cara menghitung umur di excel ini agar mudah dimengerti. Berikut penjelasan lengkapnya :

RUMUS TODAY

= (Tanggal Sekarang – Tanggal Lahir)/365

Contohnya sebagai berikut ini :

rumus today

Pada gambar diatas masih terdapat angka desimalnya, untuk menghilangkan angka desimal ubahlah format General menjadi Number angka yang muncul akan secara otomatis dibulatkan keatas sehingga umur tidak akan menunjukan yang sebenarnya. Tambahlah Rumus ROUNDDOWN lebih jelasnya menjadi =ROUNDDOWN((TODAY()-D4)/365;0)

RUMUS TODAY

Opsi lain jika ingin membulatkan angka desimal yang lebih mudah bisa menggunakan RUMUS INT. Lebih lengkapnya akan menjadi seperti ini =INT((TODAY()-D4)/365)

RUMUS TODAY

RUMUS DATEDIF

Rumus =DATEDIF(Tanggal Lahir;TODAY();”Y”)

Untuk lebih jelas penjelasannya silahkan lihat pada gambar dibawah ini :

RUMUS DATEDIF

Kalian juga bisa menambahkan tulisan Tahun dibelakang umur dengan menambahkan rumus &” Tahun” seperti gambar diatas. Bisa juga dengan rumus yang lebih lengkap seperti ini:

=DATEDIF(D4;TODAY();”Y”)&” Tahun “&DATEDIF(D4;TODAY();”YM”)&” Bulan “&DATEDIF(D4;TODAY();”MD”)&” Hari”

RUMUS DATEDIF

Sepertinya sangat rumit ya padahal kalian bisa copy paste rumusnya dan hanya menambah YM pada Bulan, MD pada Hari

RUMUS YEARFRAC

Rumus =YEARFRAC(Tanggal Lahir;TODAY();1)

Alternatif lain yang dapat kalian gunakan untuk membuat rumus menghitung usia ini yaitu Rumus Yearfrac. Rumus ini sebenarnya hampir sama dengan pembahasan rumus yang pertama diatas. Simak contoh gambar dibawah ini :

RUMUS YEARFRAC

Masih terdapat angka desimal dibelakang angka umur untuk menghilangkannya bisa menggunakan rumus INT () rumus lengkapnya seperti ini =INT(YEARFRAC(D4;TODAY();1))

RUMUS YEARFRAC

Bisa dilihat pada gambar diatas angka desimal menjadi hilang dengan menerapkan rumus tambahan berupa Rumus INT()

KESIMPULAN

Sesuai penjelasan rumus-rumus diatas terdapat 3 rumus yang kami jabarkan yaitu RUMUS TODAY, RUMUS DATEDIF, RUMUS YEARFRAC yang bisa diaplikasikan untuk menampilkan umur pada lembar kerja. 

Menurut admin yang paling mudah diaplikasikan adalah rumus DATEIF umur akan secara otomatis muncul tanpa ada huruf desimal dibelakang. Tapi itu hanya perspektif saja ya mungkin dari kamu punya pemikiran berbeda rumus mana yang paling mudah itu tentunya wajar.

PENUTUP

Demikian pembahasan tutorial microsoft excel tentang cara menampilkan usia dilembar kerja. Semoga apa yang kami jelaskan dapat dengan mudah dipahami untuk pembaca kami semua.

Ingat-ingat website kami ini pasti akan ada banyak tutorial bermanfaat dari blog ini yang berguna dan mudah dipelajari. Terima Kasih

Post a Comment for "Cara Menghitung Umur Di Excel Dengan Tepat"